Top Ad unit 728 × 90

Perbedaan Organik vs Alami.

Natura Lova menulis catatan baru: Perbedaan Organik vs Alami.



Menurut USDA atau United States Department of Agriculture, ada perbedaan besar antara produk makanan organik dan alami. Tapi di Indonesia sendiri, kedua istilah ini seringkali rancu... dan bukan tidak mungkin, banyak yang menyatakan bahwa produknya ORGANIK padahal sebenarnya ALAMI.


PRODUK ALAMI
Jika produk organik sama sekali tidak menggunakan bahan-bahan kimia sejak penanaman hingga pemrosesan, maka produk alami BISA saja menggunakan/mengandung bahan-bahan kimia. Ada keyakinan di Amerika, bahwa seluruh tanah sudah terkontaminasi karenanya perlu didiamkan selama 3 tahun dulu (disterilkan) sebelum ditanam untuk menghasilkan produk-produk organik.

Di Indonesia sendiri, karena alam kita yang begitu kaya nutrisi sehingga ditanam apa saja langsung tumbuh serta tidak butuh pupuk kimia yang macam-maca, ada  beberapa orang yang lalu menganggap menanam tanaman tanpa bahan kimia SAJA sudah dianggap produk organik. Padahal kalau kita melihat definisi dan persyaratan organik FDA, itu baru dalam tahap ALAMI.

Produk ALAMI di Indonesia artinya hasil produk tumbuhan/sayuran/buah-buahan yang ditanam pada kondisi alam yang masih asri lalu dibiarkan tumbuh alami tanpa pupuk kimia. Sekilas, karena tidak pakai pupuk kimia, banyak yang bilang hasil produknya organik --- tetapi ada kemungkinan tanahnya sudah tercemar karena lingkungan masyarakat sekitar, ada kemungkinan juga air yang digunakan saat proses juga sudah tercemar. Jadi, kalau mengikuti definisi USDA, hasil produknya sebenarnya belum ORGANIK tapi masih ALAMI :)



PRODUK ORGANIK
Perkataan "Organik" sebenarnya bermaksud dari "tanah". Singkatnya, membawa arti "asli", yaitu sifat-sifat produk pertanian yang dapat digunakan setiap hari.

Produk makanan organik adalah makanan yang diproduksi dan diproses secara organik yang artinya bebas dari pupuk kimia, bahan kimia dan bahan tambahan sejak permulaan ditanam. Salah satu cara bertaninya dengan menggunakan pupuk alami non kimia, membajak tanah secara tradisional, memasukkan cacing kedalam tanah untuk menggemburkan tanah.

Peternakan hewan organik dimulai dengan pemberian makanan organik, makanan yang bebas dari hormon pertumbuhan dan hormon lainnya. Misalnya sapi penghasil susu diternak di padang rumput organik maka daging dan susu yang dihasilkan dikategorikan sebagai produk organik. Produk-produk organik tersebut menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan memiliki rasa asli, sebagai contoh ayam kampung dan ayam boiler, ayam kampung memiliki rasa lebih sedap.

Pemakaian produk organik berarti mengurangi/menghindari bahan-bahan kimia didalam tubuh yang dapat mengganggu sitem kekebalan tubuh yang menyebabkan banyak penyakit modern.

Peraturan untuk mendapatkan sertifikasi Organik di Amerika sangat, sangat ketat.
Untuk kelas-kelasnya saja ada 5 kelas bintang Organik.


1. Kelas KONVENSIONAL/1-Bintang
Pengaturan Makanan dan Obat-obatan Pusat Amerika (FDA) menentukan dosis penggunaan racun tumbuh-tumbuhan obat-obatan dan bahan kimia (pupuk, racun binatang perusak, hormon dan racun serangga perusak kimia) secara ketat. Pada waktu penanaman atau peternakan produk pertanian biasa, produk-produk yang mematuhi peraturan pemakaian dosis penggunaan racun tumbuh-tumbuhan obat-obatan dan bahan kimia pertanian akan dianugerahi penilaian 1-Bintang.

2. 100% KELAS SEMUA MURNI/2-Bintang
Produk-produk pertanian kelas Konvensional, setelah diperas menjadi jus sayur-sayuran, buah-buahan tanpa dicampur air, namun mendapat tambahan gula secukupnya yang diijinkan (misalnya, pada saat penanaman pohon jeruk jika dosis penggunaan racun binatang perusak dan bahan kimia pertanian mematuhi peraturan pemakaian, jus jeruk 100% yang diperas dari buah jeruk diijinkan untuk ditambah gulasecukupnya namun tidak ditambah air). Produk ini akan dianugerahi penilaian 2-Bintang.

PERTANIAN ORGANIK MEMERLUKAN JANGKA WAKTU TANAH DIBIARKAN/TIDAK DIGUNAKAN SELAMA 3-TAHUN.

3. Kelas PERALIHAN 3-TAHUN/3- Bintang
Seseorang yang akan memulai pertanian atau peternakan Organik harus mengajukan permohonan kepada Kementrian Pertanian, Pemerintah Amerika Serikat. Kementrian ini akan menguji sisa-sisa racun binatang perusak dan bagian-bagian bahan kimia tanah, dan tanah tersebut harus tidak digunakan/dibiarkan selama 3 tahun terlebih dahulu. Jika seseorang akan memulai pertanian segera tanpa menggunakan racun binatang perusak dan bahan kimia pertanian, hasil tanaman selama jangka waktu peralihan sebelum mencapai masa peralihan 3 tahun akan dianugerahi penilaian 3-Bintang.

4. Kelas EKOLOGI
Pada akhir masa 3-tahun, tanah akan bebas dari sisa-sisa bahan kimia. Jika racun binatang perusak dan bahan-bahan kimia tidak digunakan dalam pertanian, terkena debu-debu yang berasal dari pabrik dengan jarak 30km dari tanah pertanian atau tanah-tanah pertanian yang bersebelahan dengan tanah pertanian Organik tersebut masih menggunakan racun tumbuh-tumbuhan obat-obatan, maka hasil tanaman secara tidak langsung. Hasil yang diproduksi dalam keadaan ini akan dianugerahi penilaian 4-Bintang.

5. Kelas ORGANIK
Hasil yang diproduksi setelah tanah dibiarkan/tidak digunakan untuk jangka masa 3-tahun, tanpa adanya sumber pencemaran dalam jarak 30km dari tanah pertanian, pengawasan terhadap masyarakat yang tinggal disekitarnya, kecepatan kendaraan yang keluar-masuk tanah pertanian yaitu hanya 8km/jam serta penggunaan racun binatang perusak yang sangat dilarang, akan dianugerahi penilaian 5-Bintang.


KESIMPULAN
Baik produk makanan yang organik ataupun alami (alami ala Indonesia), tentu keduanya jauh lebih sehat daripada makanan instan ataupun yang penuh bahan kimia. Untuk sehari-hari, produk alami sama bagusnya dengan produk organik. Tapi, jangan sampai "ketipu" ya Naturalovas! Dengan bekal ilmu baru ini, semoga Naturalovas juga lebih bijak berbelanja ;)

Bila ingin menggunakan produk makanan tersebut sebagai upaya penyembuhan dari sebuah penyakit, cobalah gunakan produk-produk organik. Sebuah penelitian membuktikan bahwa gejala autis pada anak dapat ditangani dengan lebih baik bila mereka sering mengkonsumsi produk makanan organik.

So, mau organik atau alami? Pilihan ada pada Naturalovas! :)
Perbedaan Organik vs Alami. Reviewed by Admin Printerceda on 22.56 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Bahan Budidaya © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.